Mau berbagi pengalaman dan siapa tau punya solusi. dan sebenernya hal yang saya alami ini mungkin juga terjadi di merk2 lain selain canon. (gw sekarang pake canon big grin ) saya punya 2 lensa, lensa kit canon 18-55 f/3,5-5,6dan tamron 70-300 f/4-5.6 ld di.

awal2nya lensa tamron gw bermasalah dan minggu lalu lensa kit ikut2an. setiap kali digunakan dengan bukaan yang kecil pasti error. biasa di canon muncul err99 itu. hasil pencarian browsing di internet, err99 disebabkan banyak hal. ada yg bilang kontak antara lensa dan body kotor, dan ada yang bilang karena diafragma macet. setelah gw coba bersih2 bidang kontak antara lensa dan body dan yakin kalo udah bersih ternyata masalah yang sama muncul. saat bukaan penuh gak err99, tetapi saat bukaan diafragma dikecilin, kembali muncul deh err99.

nah, karena alasan pertama gak terbukti, saya pun fokus buat membuktikan penyebab kedua : diafragma macet. dengan modal pede dan nekad serta dengan modal satu set obeng kecil, saya beraniin coba buka sendiri lensanya. setelah monting terbuka, keliatan deh isi dalem lensa. dan setelah sedikit memberanikan membongkar komponen dalemanya, ketauan deh pusat permasalahannya.

KABEL ELASTIS PUTUS! yup kabel elastis yang mengantarkan sinyal dan arus listrik dari bodi ke motor penggerak diafragma-nya putus. jadi di diagfragma gak bisa diatur, dan kalo diubah nilainya akan err99. biar lebih jelasnya, nih gw kasih gambar yang terjadi pada lensa kit canon 18-55.

di gambar ini, terlihat ada kabel elastis. (ditandai dengan tanda panah merah)

di gambar ini, terlihat keadaan kabel tersebut saat kita zoom in.

nah, di gambar ini, terlihat kabel elastis tersebut (panah merah) terlepit saat kita zoom out.

yup, kabel tersebut terlepit saat kita zoom out. jadi, semakin sering kita mainin zoom lensanya, kejadian tersebut akan terulang2 terus berkali2, sampai akhirnya putus!!! yup, putus. dan kalau sudah putus, maka sinyal ke motor diafragma tidak akan sampai.

so, dari pengalaman ini, sebaiknya kalau tidak terlalu penting, mending jangan terlalu sering mainin zoom lensa anda. daripada kejadian ini terjadi di lensa anda. buat suhu2 yang penah ngalamin hal yang sama, mungkin bisa ngasih solusi untuk hal ini. mungkin ada punya kenalan dimana bisa membeli spare part kabel ini atau ada trik2 khusus untuk menyambungnya kembali, mohon berbagi ilmunya buat kita yang masih belajar.

thx all


griya siguntang

griya siguntang

Spesifikasi Bangunan

spesifikasi rumah

spesifikasi rumah

Daftar Harga

daftar harga

daftar harga



I’ve just learn the term “collaborate” recently from one of the lecturer that i attended his class. The term was very peculiarly interesting to me. From my standing point of view right now, the term refer’s to basicly doing something or activiry together between people or organization in a given timeframe with a common goal and the activity cannot be done alone.

One statement from my professor that really hit me. He said “if you really thing of it, everything in this world is collaborating with something”. Hm…. well after my brief introduction to the matter, i started to reallized that basicly, every thing is. From the making of the world we know today, starting with the big bang and so on, each particle are interacting with one another, thus collaborating and creating the cosmic clouds which was the birth place for the stars. Using their own gravity, this particle are joined together until a certain amount of mass and ended up forming a star. Each stars cannot stands on its own. Each star in the universe are effected by other star. The stars interacting forming up a galaxy. Some star have solar system which consist of  planets, planetoid, asteroid and interstellar matter. And from the interaction of these particle evantually creating living things ; plants, animal, and us  humans.

The humans, as a social being, are inevitably will interact with one another and with all their surrounding. We cannot deny this fact. For example, in a working environment, where you have to finish a certain project requiring a number of people. In order to get the job done, we have to work together (in other words : collaborating) with our colleague. Being able to collaborate is very crutial to the project.

What about collaboration in the domain of information system? i haven’t really had that much knowledge to answer this. there’s still much to learn!


hah… kejadian ini berulang lagi. dan kali ini gara – gara gorengan! yup gorengan tempe dan cireng.
berawal dari keinginan buka makan gorengan. setelah beli gorengan, anak gue minta – minta. dan dikasih lah satu. saya yang saat itu lagi nyopir, liat anak makan di samping langsung ngiler. weh, enak juga tuh gorengan. langsung lupa deh kalo lagi puasa. berenti sebentar di rumah makan, istri beli nasi bungkus buat makan malem, langsung aja tangan udah ngambil tuh gorengan. pertama ngambil tempe goreng. wah… nikmat banget makan tempe. dan tanpa rasa berdosa, sambil ngobrol dengan anak abis tuh tempe dalam tempo kurang dari 2 menit. abis tempe ngambil cireng. wah, enak juga nih cireng. makan satu gigitan. trus dua….tiga…..dan…. ! woi.. gue lagi puasa! kaget juga kenapa ada cireng di tangan dan dalam rongga mulut. langsung liat jam. jam berapa sekarang? ternyata jam 5.47! jadwal maghrib jam 5.50. tinggal 2 menit lagi! walah… langsung cireng dalam mulut dikeluarkan. sial tinggal 2 menit lagi! 2 menit lagi! batal gara – gara gorengan tempe dan cireng. gak asik banget.
hm… tapi saya pernah baca, bila tidak ada unsur kesengajaan maka tidak batal. tapi tetep aja rasanya beda. mending bayar fidyah aja ntar biar plong


Theses

21Aug08

ideas anyone?

i’m stuck in the middle of something and can’t get my mind on track


class of 2007

Information System

Bandung Institute of Technology

Class of 2007


Penyelarasan IT dengan strategi bisnis merupakan masalah yang telah lama dihadapi. Strategi bisnis merupakan bagaimana sebuah perusahaan memposisikan dirinya secara dan menjalankan bisnisnya dengan cara yang berbeda dengan perusahaan lain. Karena strategi memposisikan kegiatan bisnis dijalankan secara berbeda dengan perusahaan lain, maka diperlukan dukungan teknologi informasi (IT) yang berbeda pula. Strategi pengembangan IT harus memiliki keselarasan dengan strategi bisnis yang dijalankan oleh perusahaan. Dalam melakukan penyelarasan IT, perlu melakukan pertimbangan arah strategi bisnis yang jelas, komunikasi, komitmen dan itegrasi dari masing – masing fungsi yang ada dalam perusahaan. Enterprise Architecture digunakan sebagai cetak biru dari perancangan infrastruktur sistem informasi agar dapat memenuhi kebutuhan dalam kegiatan bisnis yang dilakukan oleh perusahaan. Perubahan dalam lingkungan bisnis menyebabkan diperlukannya penilaian keselarasan IT dan strategi bisnis ini secara berkala.

Continue reading ‘Penyelarasan Teknologi Informasi dengan Strategi Bisnis’